Gejala Diabetes Melitus Tipe 1

Gejala Diabetes Melitus tipe 1

Gejala Deabetes Melitus Tipe l

Gejala Diabetes Melitus Tipe 1. Diabetes tipe 1 adalah jenis penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi di mana kelenjar pankreas hanya memproduksi sedikit insulin atau tidak menghasilkan insulin sama sekali. Biasanya DM 1 sering terjadi pada anak-anak, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa. Sebagian besar penderita DM menderita diabetes tipe 2, sementara hanya sekitar 5% yang menderita diabetes tipe 1. Gejalanya bisa muncul dengan cepat hanya dalam jeda waktu beberapa minggu saja.

Nah, apa saja gejala diabetes melitus tipe 1 yang harus kita waspadai? Di bawah ini adalah gejala diabetes tipe 1 yang merupakan peringatan untuk segera mendapatkan bantuan dokter.

  • Cepat haus dan terus buang air kecil

Gejala ini terjadi karena ginjal bekerja keras dalam menyaring kelebihan gula yang berakibat gula dikeluarkan dan membuat urin menjadi kental. Agar urin bisa cair, tubuh membutuhkan cairan tambahan sehingga akan mengirimkan sinyal yang kemudian menyebabkan penderita diabetes type ini merasa haus. Anda yang terus minum selanjutnya menjadikan kandung kemih penuh sehingga Anda akan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

  • Cepat lapar tetapi menurunkan berat badan secara drastis

Gejala lainnya akan menyebabkan rasa lapar yang cepat. Meskipun begitu penderita diabetes type 1 tidak akan menjadi gemuk, melainkan berat badan akan terus turun secara drastis dan akan menjadi semakin kurus. Gejala diabetes melitus tipe 1 ini terjadi karena tubuh merasa kekurangan glukosa yang merupakan sumber energi sehingga menggunakan otot dan lemak sebagai bahan bakarnya.

  • Luka lama sembuhnya dan mudah kena infeksi

Gejala yang paling mudah diketahui dari DM 1 ini yaitu jika ada luka yang terbuka, maka luka ini akan lama sembuh dan juga sulit untuk disembuhkan. Hal ini tidak lain adalah karena adanya penyempitan pembuluh darah di sekitar luka yang menjadikan darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Lebih buruknya lagi, gejala ini juga dapat menyebabkan infeksi dari bakteri yang menjadikan luka menjadi sulit untuk disembuhkan. Selain infeksi dari luka, pasien dengan diabetes tipe 1 ini juga rentan terhadap infeksi jamur, misalnya infeksi jamur vagina karena perkembangannya yang tidak dapat dikendalikan.

  • Tubuh menjadi cepat lelah

Akibat dari buang air kecil yang terus menerus, maka tubuh juga ikut menjadi cepat lelah. Gejala diabetes tipe 1 ini juga timbul karena tubuh yang terus menerus merasa kekurangan glukosa.

Selain gejala-gejala di atas, diabetes tipe 1 juga dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti rabun jauh atau kebutaan, mati rasa di tangan atau kaki atau bahkan bisa terkena gagal ginjal. Jika gejala-gejala ini muncul, maka itu berarti bahwa diabetes tipe 1 ini telah menyebabkan lebih banyak kerusakan fatal, yaitu sudah masuk ke jaringan saraf dan organ.

Demikian artikel tentang gejala diabetes melitus tipe 1 yang harus Anda ketahui. Sebenarnya masih banyak gejala lain dari diabetes tipe 1 yang tidak disebutkan di atas. Untuk itu, lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter Anda mengenai hal ini. Jangan lupa hidup sehat dengan olahraga yang teratur.

( Foto : Senam Prolanis Klinik Dano Pada Acara World Diabetes Day Persadia Sumedang )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *