CARA MENCEGAH PENYAKIT DIABETES MELITUS

Cara mencegahan Penyakit Diabetes Melitus klinik dano sumedang

Sebelum Terlambat, Inilah Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus – Penyebab utama dari kebutaan dan juga gagal ginjal pada orang dewasa adalah diabetes (kencing manis). Orang dengan risiki diabetes yang tinggi bisa menyebabkan terserang penyakit jantung serta berbagai penyakit kronis lainnya berdasarkan sejumlah penelitian. Sebenarnya, diabetes melitus  sangat mudah untuk dihindari jika Anda mengetahui cara yang tepat.

Dalam beberapa tahun terakhir, diabetes menjadi penyakit serius yang kasusnya meroket tajam. Gaya hidup yang tidak sehat, serta kurangnya berolahraga menjadi penyebab jutaan manusia di dunia didiagnosis terjangkit penyakit diabetes. Maka, sebelum terlambat, lakukanlah beberapa cara agar penyakit diabetes melitus inindapat dicegah.

Penyakit diabetes sangat mudah untuk dicegah, khususnya diabetes tipe 2. Pada dasarnya, penyakit diabetes sendiri bisa dihindari dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Lakukan cara jitu dibawah ini, bagaimana cara mencegah penyakit diabetes melitus yang bisa Anda lakukan dengan sangat sederhana mulai saat ini, sebelum terlambat.

  1. Mengetahui Tentang Diabetes

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu, sebelum Anda memulai tindakan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Jika Anda tidak tahu, atau tidak mau tahu tentang diabetes, akan sulit bagi Anda untuk melakukan pencegahan penyakit gula tersebut. Anda bisa memulai terapi terhadap pencegahan penyakit diabetes dengan mudah, setelah Anda akrab dengan penyakit yang satu ini.

  1. Mengurangi Porsi Makan Anda

Porsi makan yang sesuai pada dasarnya bisa mencegah berbagai macam penyakit menjangkit tubuh Anda, salah satunya diabetes melitus. Dengan mengurangi porsi makan Anda setiap harinya, akan dapat menjadi cara paling baik agar dapat terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Olahraga

Olah raga yang dilakukan rutin setiap hari bisa membantu Anda menjaga berat badan yang ideal. Selain itu, olahraga juga menjadi salah satu cara mencegah penyakit diabetes melitus, serta mampu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Maka, lakukan olahraga secara rutin setiap hari, setidaknya paling cepat dilakukan selama 30 menit, agar tingkat gula dalam darah selalu berada dalam rentang normal.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti Anda semua ketahui, bahwa kelebihan berat badan berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit, tak terkecuali meningkatnya risiko penyakit diabetes. Oleh sebab itu, Anda harus dapat menurunkan berat badan dalam rentang ideal, serta menjaganya agar tetap normal.

  1. Sarapan

Sarapan termasuk salah satu cara mencegah penyakit diabetes melitus. Namun, satu hal penting ini justru sering diabaikan oleh banyak orang di dunia. Padahal, sarapan dapat membantu Anda untuk mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit, salah satunya yaitu diabetes. Mengonsumsi sarapan sehat dapat membantu mengontrol nafsu makan, serta dapat mengontrol konsumsi kalori.

  1. Hindari Makanan Berlemak

Makanan cepat saji yang biasa Anda beli di jalan, biasanya mengandung lemak jenuh dalam kadar yang tinggi. Hal tersebut bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Hal ini nantinya bisa mempengaruhi tingkat gula darah di dalam tubuh Anda. Maka, sebisa mungkin hindarilah makanan cepat saji dan berlemak lainnya.

  1. Hindari Minuman Manis

Berbagai macam jenis minuman ringan berperasa bisa menyebabkan risiko terkena diabetes meningkat. Minuman yang mengandung pemanis bisa menjadi sumber gula yang tidak kelihatan, namun bisa menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah Anda.

  1. Perbanyak Makan Sayur

Mengonsumsi banyak sayuran merupakan salah satu cara mencegah penyakit diabetes melitus. Anda harus mengurangi makan daging meskipun rasanya lezat. Sebab, mengonsumsi banyak daging bisa menimbulkan risiko diabetes. Maka, dengan memperbanyak makan sayuran setiap hari dapat membantu Anda mencegah datangnya penyakit diabetes.

  1. Hindari Stres

Kadar gula Anda bisa meningkat akibat stres yang berlebihan. Maka dari itu, Anda harus mengurangi tingkat stres, salah satunya dengan berlatih yoga, meditasi, atau pun latihan pernapasan.

  1. Tidur Nyenyak

Tidur minimal enam jam dalam sehari bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes. Jika Anda kurang tidur, maka hormon kortisol dalam tubuh bisa meningkat. Hal itu dapat meningkatkan insulin, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan pada gula darah.

Demikianlah artikel mengenai cara mencegah penyakit diabetes melitus yang bisa Anda lakukan setiap hari. Lakukanlah hal tersebut sebelum penyakit diabetes menyerang tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Klinik Dano Sumedang juga mempunyai unit USAHA SANGGAR SENAM yaitu Sanggar Senam KLinik Dano dan tempat FITNESS yaitu DANO FITNESS CENTER

Untuk informasi selanjutnya tentang SANGGAR SENAM Klinik Dano dan DANO FITNESS CENTER bisa menghubungi :

Klinik Dano Sumedang
Jl Prabu Tadjimalela 28-C Dano Kota Kaler Sumedang Kota

Sumedang – Jawa Barat

  1. Facebook : Klinik Dano Sumedang
  2. Hotline service : ( 0261 ) 210437
  3. Whatsapp : 085 221 282 432

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *